After Effect no.1 : Membuat effect video kuda hantu

Di dalam tutorial ini kita akan membuat sebuah effect menghilang dari video, berhubung di sini saya menggunakan video kuda maka saya memberi nama ‘kuda hantu’ ^_^

Pembaca yang budiman, pernahkah anda menonton sebuah film horror, dimana ada sebuah objek misalnya manusia yang bisa menghilang begitu saja? Nah, seperti itulah yang akan kita bahas pada tutorial kali ini, seekor kuda tiba tiba muncul begitu saja. Dan perlu diingat, yang kita edit di sini adalah video, bukan photo . Dalam tutorial kali ini saya menggunakan software Adobe After Effects CS4, sebetulnya saya punya CS5, tapi karena spek computer belum mendukung jadi sementara masih menggunakan CS4.
Berikut adalah screenshot sebelum dan sesudah diberi effect, mungkin agak kurang jelas karena tutorial ini ditulis dalam bentuk teks. Anda dapat mencari tutorial video di Youtube, jangan khawatir untuk mendownloadnya gampang sekali, tinggal menginstall IDM ( Internet Download Manager ) dan hanya sekali klik video youtube terdownload dengan cukup cepat.

kuda normal

kuda jadi

Bagaimana cara membuatnya? Effect ini akan semakin sempurna bila anda memberi sound yang cocok.
Mari kita bahas cara membuatnya ^_^
-Langkah 1 : Buka Adobe After Effects anda, di sini saya menggunakan After Effects CS4, bila anda menggunakan versi yang lebih terdahulu ( CS3 ) sebetulnya adalah sama.
ae

-Langkah 2 : import video yang telah anda siapkan ke project window AE. Video yang harus dipersiapkan adalah video yang background nya sama, seperti video di atas, backgroundnya sama tidak berubah ubah. Video juga tidak goyang goyang, jadi untuk anda para pemula, bila ingin membuat sebuah effect yang bagus , maka pengambilan gambar juga harus diperhitungkan. Saya mengambil sebuah file video kuda dari youtube. Kita tahu bahwa format video di youtube adalah flash video (.flv). File video yang berformat flv tidak didukung oleh AE ( After Effect ). Jadi kita harus mengkonvert file flv tersebut menjadi format yang editable untuk AE ( dalam tutorial ini saya mengkonvert ke wmv , tapi anda juga dapat mengkonvert ke format lain selama disupport oleh AE contoh mpg, mpeg, avi, mp4, mov, 3gp ).
Anda mungkin bertanya, “bagaimana cara mengkonvert nya?” Untuk mengkonvert video mungkin di tutorial yang akan dating akan kita bahas, tapi berikut saya kasih tau caranya.
Di sini untuk mengkonversi  video format flv saya menggunakan wmv converter, software ini gratis yang dapat anda download di http://www.wmvconverter.org dan sesuai pengalaman saya , converter ini memiliki hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan converter lain dalam hal mengkonversi format flv.

konvert

“untuk lebih detail mengenai konversi ( misalnya bitrate, audio video codec, dan lain lain ) akan kita bahas pada tutorial selanjutnya”
Mari lanjut ke import video yang sudah kita convert ke Project Window AE.
Double klik project window -> pilih file video yang sudah siap -> oke
*Project Window adalah sebuah mini window dimana kita meletakkan file file yang akan kita olah.

project

“di project window dapat kita lihat bahwa file yang kita import berformat wmv, berdimensi 320 x 240 px, memiliki durasi 36 detik, dengan frame rate 59.70 fps, beraudio stereo 44.100 kHz 16 bit”
-Langkah 3 : Buat composition, *Composition adalah rangkaian rangkaian proses untuk membuat effect. Nah, jadi kita harus membuat composition, ada beberapa cara membuat Composition ini, sebelum kita bahas cara membuat Composition ada sesuatu yang harus saya jelaskan.
*Bila semua effect video kita sudah siap, maka proses selanjutnya untuk menjadikannya video jadi adalah dengan prosess rendering. Rendering adalah prosess frame demi frame dari Composition kita. Proses rendering ini bisa cepat , bisa lambat tergantung dari settingan Composition kita. Mungkin anda pernah mengalami menambah Effect video yang berdurasi 10 menit kok rendering nya sampai 35 menit, nah itu merupakan kesalahan saat mensetting Composition yang tidak tepat.  Untuk mempercepat proses rendering maka settingan dari Composition harus sama ( Berbeda juga tidak masalah tapi mungkin akan lebih lambat ), misalnya sama dalam hal dimensinya , frame rate nya, format videonya, durasinya, dan lain lain .

Oke, kembali ke cara membuat Composition,
Ada dua cara, cara pertama dengan Composition -> new Composition

composition

“pada gambar terlihat bahwa bila kita membuat Composition melalui menu Composition -> new Composition maka akan muncul mini window untuk mensetting Composition  yang akan kita buat. Seperti width, height, pixel aspect ratio, frame rate, duration. Nah, seperti yang saya bilang tadi untuk mempercepat rendering sebaiknya settingan dari Composition kita samakan dengan settiingan pada video kita, SEBENARNYA BERBEDA JUGA TIDAK masalah tapi akan berpengaruh dalam kecepatan proses rendering.”
Lalu bagaimana supaya bisa sama settinganya?
Nah cara yang kedua adalah di mini project window ->klik footage kita -> drag ke icon composition.
Footage adalah video yang sudah kita import ke project window.

drag ke composition

“click footage -> drag ke icon Composition , maka otomatis footage akan mencul di timeline bawan dan di Composition window kanan, serta akan dibuat Composition baru dengan nama yang sama dengan nama filename footage”
Mari kita lihat settingan composition yang baru saja kita buat click Composition-> Composition Setting .
Lihat gambar:

setting

-Langkah 4 : Oke, sekarang kita sudah punya Composition , sekarang click footage di timeline -> menu edit ( window  atas ) -> duplicate. Untuk membuat kuda hantu kita membutuhkan 2 buah video yang sama maka footage kita duplicate, lihat gambar:

timeline

-Langkah 5 : Sekarang kita akan buat footage bawah sebagai background,  geser slider untuk menemukan frame yang cocok sebagai background -> kemudian klik kanan footage bawah ->time -> freeze frame
Lihat gambar:

klik kanan

drag slider untuk menemukan frame video  background yang cocok”

klik kanan

“pilih time -> freeze frame untuk menstop video kita”, freeze di sini mungkin maksudnya sama dengan membekukan frame , jadi meskipun video jalan maka footage ini tetap diam seperti sebuah photo. Nah, footage bawah yang sudah kita freeze ini lah yang kita jadikan sebagai background. Jadi nanti backgroundnya tetap seperti ini (static), sementara footage atas yang nanti kita modifikasi .
-Langkah 6 : Drag footage atas,pilih gambar frame yang kiranya cocok sebagai awal kemunculan kuda hantu. Lihat gambar:

drag ke footage

-Langkah 7 : Buat opacity keyframe pada footage atas, haduh, susah sekali menjelaskan, sebaikanya lihat pada gambar dibawah ini, semua penjelasan ada pada gambar:

mulai

“klik panah kecil disamping footage untuk memunculkan opsi transform”

timeline

“drag slider untuk memilih video frame yang cocok sebagai opacity kita yang 0%, kemudian click keyframe (samping tulisan opacity) dan isi nilainya dengan 0%”

timeline

“Oke, sekarang drag slider ke frame video yang akan kita jadikan opacitynya 100%, disini saya memilih sesuai gambar diatas, kemudian saya ubah dari 0% menjadi 100%”
OKE, SEKARANG SUDAH JADI KUDA HANTU KITA , PREVIEW DENGAN MENGKLIK TOMBOL PLAY DI PREVIEW WINDOW

jadi

“Apakah hanya sampai disini??? Tentu tidak, kita bisa menambahkan effect nya dengan path , fractal noise kemudian dimatte , akan menghasilkan sebuah effect yang sangat mengagumkan, tapi karena tutorial ini sudah sangat panjang, maka cukup sekian saja tutorial dari saya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. ^_^

=========================================

Judul : Membuat effect video kuda hantu

Software : Adobe After Effect ( di sini saya menggunakan Adobe After Effect CS4 )

Tanggal dibuat : 25 Agustus 2010

1 Response to “After Effect no.1 : Membuat effect video kuda hantu”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: