Flash no.3 : Menambah Sound Pada Button Saat Diklik dengan AS

Pembaca, setelah kita mempelajari cara menyisipkan sound saat button diklik tanpa Action Script ( silahkan tutorial sebelumnya , kali ini kita akan membuat tetapi dengan menggunakan Action Script 3 dan external sound file. Apasih external sound file?  External sound file adalah file sound yang berada diluar file flash kita, “haduh…  karena bukan guru jadi sulit sekali menjelaskan biar jelas”, dalam pengertian lain file sound ini tidak kita import seperti pada tutorial sebelumnya, melainkan file sound tetap berada diluar file fla.

luar

 

“semoga saja gambar diatas dapat memperjelas apa yang saya maksud dengan external files.

Karena kita memodifikasi button, jadi supaya terlihat lebih professional file sound yang akan saya gunakan adalah file yang durasinya pendek kurang lebih 1 detik. Ralat gambar- saya menggunakan Kuku.mp3 bukan Kuku.wav, maap keliru, maklum puasa.”

Langkah 1     : Seperti biasa, buka Adobe Flash anda ( di sini saya menggunakan Adobe Flash CS5 ), bila anda menggunakan Flash versi lama sebetulnya prosesnya sama saja.

flash cs5

 

Langkah 2     : Bukalah button yang telah anda buat sebelumnya, tutorial untuk membuat button bisa anda lihat di sini {——————}. Tapi di tutorial ini saya menggunakan button yang telah ada di ‘Common Libraries’ nya Adobe Flash.

Klik window -> Common Libraries -> Button -> Pilih button -> Drag ke stage

Lihat gambar:

common

 

Kemudian button tersebut anda kasih ‘instance name’ terserah. Dalam tutorial ini saya member i instance name dengan mana ‘button_mas_okie’.

Instance Name adalah sebuah nama object supaya bisa dipanggil dengan menggunakan Action Script. Seperti kita, kalo kita dipanggil sesuai nama kita pasti kita tanggap kan, nah, di Action Script juga seperti itu. Instance Name berada di Window Properties. Secara default Window ini sudah dalam keadaan terlihat. Bila belum terlihat anda dapat memunculkannya dengan menclick window -> properties.

Lihat gambar:

instance name

 

-Langkah 3     : lihat timeline, buat layer baru tempat kita menyisipkan Action Script 3.

Lihat gambar:

new layer

 

Langkah 4     : frame pertama dari layer action, klik kanan -> actions

lihat gambar:

right click

 

“dengan mengklik ‘actions’ maka Adobe Flash CS5 akan menampilkan ‘Window Actions’ dimana kita bisa menulis code code Actions Script 3 untuk memutar external sound kita”

Langkah 5     : Setelah ‘Window Action’ muncul, ketikkan code berikut ini

import flash.events.MouseEvent;

var channel_ku:SoundChannel;

var sound_ku:Sound = new Sound(new URLRequest(“Kuku.mp3”));

button_mas_okie.addEventListener(MouseEvent.CLICK, play_ku);

function play_ku(event:MouseEvent):void{

channel_ku = sound_ku.play();

}

Lihat gambar:

as3

 

“Adobe Flash CS5 punya kemampuan untuk auto complete, sehingga mempercepat penulisan kita, misalnya seperti contoh diatas,” import flash.events.MouseEvent;” otomatis dituliskan di line pertama”

Penjelasan:

—————————————

import flash.events.MouseEvent;

“karena kita menggunakan mouse maka kita mengimport mouse event”

—————————————-

var channel_ku:SoundChannel;

“kita membuat sebuah channel ( ingat, dalam Action Script untuk memutar sound kita harus mendefinisikan channel), titik dua di atas menunjukan type.  Jadi bisa dibilang variable channel_ku bertype SoundChannel”

—————————————–

var sound_ku:Sound = new Sound(new URLRequest(“Kuku.mp3”));

di sini kita membuat variable sound_ku dengan type Sound.

Kemudian kita memanggil external sound dengan menggunakan URLRequest.

Kuku.mp3 letaknya satu folder dengan fla kita, sehingga cukup ketik “Kuku.mp3”, bila external sound anda berada di folder lain, ya tinggal diganti “folder_berada/Kuku.mp3”.

——————————————

button_mas_okie.addEventListener(MouseEvent.CLICK, play_ku);

button kita yang sudah kita kasih nama “button_mas_okie” diberi sebuah eventListener berupa MouseEvent. MouseEvent yang kita attach ke button adalah CLICK.

Setelah di attach maka akan memanggil / mengeksekusi fungsi “play_ku”.

——————————————-

function play_ku(event:MouseEvent):void{

channel_ku = sound_ku.play();

}

Fungsi play_ku ini merupakan sebuah mouseEvent, didalam kurung kita sudah memberi ‘event’ yang bertype MouseEvent. Ingat, tanda titik dua ( : ) menunjukkan type.

Kemudian dibelakang fungsi ada “:void”, artinya fungsi ini juga bertype void yaitu ActionScript tidak perlu untuk memeriksa fungsi tersebut sehingga memori kita tidak terbebani.

Channel_ku adalah channel sound kita , sound_ku adalah class sound tadi , dan fungsi play() akan memainkah sound ‘Kuku.mp3’ kita .

———————————————–

Oke, tutorial kita sudah jadi, anda tinggal mempreview nya dengan mengclick control -> test movie -> test, kemudian click lah button kita dan suara beep akan terdengar.

Lihat gambar:

preview

Demikian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Sampai jumpa ditutorial berikutnya..  ^_^

========================================

Judul                : Menambah Sound Pada Button Saat Diklik (dengan AS)

Software          : Adobe Flash ( di sini saya menggunakan Adobe Flash CS5 )

Deskripsi         : Di dalam tutorial ini kita membahas cara membuat Flash Button, menambahkan

Sound saat mouse diklik dengan menggunakan Action Script 3

Tanggal  dibuat: 22 Agustus 2010

 

NB                   : “sebenarnya sangat sulit memahami tutorial bila divisualkan secara text, bila anda       berminat  saya sarankan untuk mempelajari video tutorialnya di Youtube anda dapat mendownload nya dengan sangat mudah menggunakan IDM ( Internet Download Manager ) “


0 Responses to “Flash no.3 : Menambah Sound Pada Button Saat Diklik dengan AS”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: